Riskha Rizuki Lindawati Akhyura - ALEXANDRYA

Riskha Rizuki Lindawati Akhyura

J E F R O S - A L E X A N D R Y A

Keep Smiling . . .



widgeo.net

Minggu, 06 Mei 2012

Jenis-jenis Batuan

Jenis - jenis Batuan


MINERAL ORTHOCLASE
Nama kimia : KALSI3O8, Potasium Aluminum Silicate.
Kelas : Silikat
Sub Kelas : Tectosilicates
Kelompok : Feldspars
Penggunaan : spesimen mineral dan di industri porselin.
Spesimen
Orthoclase adalah suatu polymorph dari yang lain mineral yang berbagi yang sama Nama kimia, tetapi mempunyai struktur hablur yang berbeda. Jika identifikasi yang positif antara mineral ini tidak bisa dibuat oleh metoda bidang, kemudian spesimen bisa dipastikan jadilah dikenal sebagai suatu kalium feldspar atau K-spar. Plagioclase feldspars kekurangan kalium, adalah berwarna lembut dan pada umumnya striated.. Yang lain tiang kapal-k mineral adalah sanidine, microcline dan anorthoclase. Orthoclase adalah semakin umum dari tiang kapal-k.
Perbedaan antar mineral ini adalah mengambil tambahan pelajaran contoh tangan. Microcline menuju ke untuk diwarnai-lebih dalam dan satu-satunya bahwa dapat, tetapi tidaklah selalu, suatu warna yang hijau-biru (amazonite). Orthoclase tidak menunjukkan kelahiran kembar yang seperti daun yang adalah umum di microcline dan occassionally menyajikan seperti striations di permukaan perpecahan.
Sanidine dan anorthoclase pada umumnya mempunyai suatu meratakan kebiasaan kristal. Selain dari yang, enviroment dari formasi adalah satu-satunya tanda/ kunci rahasia contoh tangan yang lain untuk menciri orthoclase dari sanidine atau anorthoclase. Orthoclase adalah yang utama tiang kapal-k dari granit dan syenites didinginkan itu sedang dengan cepat. Sanidine dan anorthoclase adalah unsur yang umum di batuan beku gunung berapi extrusive seperti rhyolites, di mana batu karang yang didinginkan dengan cepat. teknik sinar x dan Sifat optis adalah satu-satunya jalan yang pasti untuk menciri orthoclase dari microcline.

MUSKOVIT
Nama muscovite datang dari Muscovy-glass, suatu nama yang tadinya/dahulu digunakan untuk mineral oleh karena penggunaannya di dalam bahasa Rusia yaitu untuk jendela.Mineral. Muskovit ini diketahui seperti mika (kalium karbonat) adalah suatu phyllosilicate mineral aluminium dan kalium dengan rumus kimianya : KAl2(AlSi3O10)(F,OH)2. mineral ini mempunyai pecahan fundamental yang sangat sempurna yang berbentuk tipis menyerupai lembaran – lembaran yang sangat elestis. Mineral ini mempunyai titik leleh pada suhu kira-kira 1320°C, mempunyai suatu Mohs kekerasan 2- 2.25 dan suatu bobot jenis 2.76- 3. Mineral ini mempunyai warna muda sampai tidak berwarna, system kristal monoklin, belahan sempurna lembaran, mineral ini banyak terdapat pada batuan granit, metamorf, dan batu pasir. Di dalam pegmatites sering di temukan di dalam lembaran – lembaranya seprai tak terukur yang secara komersial berharga. Mineral ini laku/laris untuk pembuatan tahan api dan bahan isolasi dan sampai taraf tertentu sebagai lubricant. 

HORNBLENDE
– Monoklin : selalu membentuk tiang, biasanya pendek, tetapi ada juga yang memanjang dan sebagian mineral pembentuk batuan kebanyakan berupa individu yang menyendiri, ada juga yang bergabung kompak dalam massa berbutir, berbentuk cabang berserabut.
– Merupakan senyawa silisium oksida, terutama dari magnesia dan kapur (kalsium).
– Tahan terhadap bekerjanya asam kecuali terhadap asamflourida.
– Kekerasannya = 5 – 6
– Berat jenisnya = 2,9 – 3,6
– Berkilap kaca, kadang-kadang berkilap mutiara dan kadang-kadang ada yang berkilap satin.
– Tembus cahaya dalam segala tingkatan.
– Kadang-kadang tak berwarna atau putih, kebanyakan berwarna kelabu, hijau atau hitam dan cokelat.
– Irisan tiang hornblende lebih ke arah bentuk jajaran genjang.
– Belahan pada hornblende kebanyakan sangat sempurna dari arah tiang.

OLIVIN
Mineral Olivine adalah suatu silikat besi magnesium dengan rumusan kimianya (Mg,Fe)2(SiO4), mempunyai system kristal yang ortorombik, tidak mempunyai belahan, mempunyai kekerasan 6,5 – 7, berat jenis 3,27 – 4,37, memiliki kilap cahaya, dan warna mineral ini hijau kekuning – kunigan dan hijau kesbu – abuan. Mineral Olivin Ini adalah salah satu mineral yang paling umum di atas permukaan bumi, dan telah pula teridentifikasi pada permukaan Bulan, Mars, dan komet. Mineral Olivin pada umumnya sebagai mineral pembentuk batuan dan juga sebagai mineral pengiring, dalam batuan basa seperti gabro, peridotit,dll.

MINERAL BIOTIT
Nama Kimia : K (Fe, Mg)3 AlSi3 O10 (F, OH)2, Potassium menyetrika magnesium aluminum fluoride hidroksida silikat.
Kelas : Subclass silikat: Phyllosilicates Group:
Kegunaan mika : memanaskan alat bahan isolasi untuk tujuan industri.
Spesimen
Biotit adalah suatu batu karang yang umum yang membentuk mineral, sedang kehadiran sedikitnya persentase beberapa di paling berapi-api dan kedua-duanya yang regional dan batu karang kontak yang metamorphic. khas hitam Ke warna warna coklat dari biotit adalah karakteristik walaupun sukar untuk menciri biotit yang coklat dari warna coklat yang gelap phlogopite. Keduanya adalah benar-benar ber;akhir;i anggota dalam deretan yang adalah bergantung di persen dari besi. Phlogopite adalah besi yang lemah dan biotit adalah besi kaya kepadatan dan Warna yang lebih gelap meningkat/kan dengan suatu peningkatan di isi besi. Biotit menuju ke untuk membentuk dalam suatu jangkauan kondisi-kondisi yang lebih luas dibanding phlogopite yang mana dibatasi kebanyakan marbles (karya seni marmer) dan batu karang magnesium ultramafic yang kaya dan pegmatites. Biotit, mika yang lain, mempunyai suatu struktur yang layered dari menyetrika magnesium aluminum lembar silikat dengan lemah mengikat bersama-sama oleh lapisan dari notulen kalium. Hasil lapisan ion kalium ini menyempurnakan perpecahan.

KARAKTER FISIK:
Warna adalah hitam ke warna coklat dan menguning dengan kerusakan karena iklim.
Kilau adalah seperti kaca ke seperti mutiara..
Kristal ketransparanan adalah transparan ke tembus cahaya..
Sistem hablur adalah monoklin; 2/m Crystal Habits meliputi bentuk tabel ke kristal yang seperti prisma/aneka warna dengan suatu prominant pinacoid penghentian. Prisma empat biotit menghadapi dan dua kristal wajah pinacoid format yang bersudut enam-pura-pura ” buku”. Sisi dari kristal sering [tuju/ cenderung] ke [penyadap/ungkit katup] dan dapat mempunyai a ” gula-gula [sulit/keras] yang telah dihisap terpasang, nampak/wajah”. Juga [sebagai/ketika] batu karang seperti daun atau berisi butir kecil yang membentuk massa yang menyediakan kilau untuk kebanyakan batu gneiss (kasar berbentuk granit) dan batu tulis.
Perpecahan sempurna di satu arah [yang] memproduksi lapisan atas atau lembar yang tipis/encer.
Mematahkan tidaklah siap diamati dalam kaitan dengan perpecahan tetapi adalah tidak seimbang..
Kekerasan adalah 2.5.
Berat jenisnya sekitar 2.9 – 3.4+ ( di atas rata-rata)
Warna lapisan putih..
Mineral yang sejenis adalah kwarsa, feldspars, apatit, kalsit, hornblende, akik merah tua dan schorl.
Karakteristik yang lain: lembar perpecahan adalah fleksibel dan elastis,, maksud/arti mereka dapat dibengkokkan dan akan melenturkan kembali ke bentuk asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar